Friday, March 1, 2013

HYDROSAURUS

Posted by Unknown On 10:37 PM
Soa Layar / Sailfin Dragon / Sailfin Lizard / Hydrosaurus


kadal ini merupakan yang terbesar dari family Agamid dan dikatakan sebagai kadal dari Old World.
Ada 3 jenis yg dketahui :
Phillippine Sailfins/ Hydrosaurus Pustulatus (Penyebaran: Filipina)
Indonesian Giant Sailfin/ Hydrosaurus Amboinensis (Penyebaran: Sulawesi, Indonesia)
Weber's Sailfin/ Soa layar Halmahera/ Hydrosaurus weberi (Penyebaran: Maluku, Indonesia)

Size
Pustulatus dan amboinensis jantan rata2 dapat mencapai panjang skitar 1 meter sedangkan weberi jantan dapat mencapai skitar 90cm namun dgn ekor yg lbih panjang dan bentuk badan yg lbih kurus dan ringan dibanding 2 jenis lainnya.

Lifespan
jangka hidup soa layar dapat mencapai lebih dari 10 tahun, tercatat beberapa orang telah memelihara hingga usia 15 tahun.

Sexing
Soa layar jantan dewasa dapat mudah diketahui dgn melihat ekor mereka yang memiliki seperti layar yang mengembang, smentara yang betina memiliki layar yang kecil. sexing jg dapat dilakukan dengan melihat femoral pores seperti pada iguana. dan seperti iguana, sulit untuk menentukan sex soa layar saat masih kecil

Soa Layar sebagai binatang peliharaan
Soa layar tidak direkomendasikan untuk mereka yg baru memelihara reptil karena tidak mudah untuk memelihara soa layar karena karakter mereka yang kagetan, tidak mudah dihandle & beradaptasi, jumpy (ini yg paling  ). Pertumbuhan soa layar terbilang lambat dibanding iguana. butuh 2 tahun lebih saat layar di ekor mulai mengembang
mereka membutuhkan kandang yang besar karena soa layar cenderung menabrakkan dirinya(moncongny) ke sisi kandang, tempat berendam serta ranting kayu perlu disertakan dalam kandang. tidak disarankan kandang mnggunakan kawat/ram, untuk menghindari rubbing (contohnya soa ane bro, rubbing parah  )

BEBERAPA JENIS SOA LAYAR

SOA LAYAR WEBERI
SOA LAYAR amboinensis 
SOA LAYAR FILIPINA

Categories:

3 comments:

  1. gw suka bgt sama ni binatang... semoga soa layar gw bisa tumbuh jadi monster :)

    ReplyDelete
  2. Kalo daerah ntt tempatnya dimana ya....

    ReplyDelete