Friday, March 1, 2013

TORTOISE

Posted by Unknown On 11:07 PM
Tortoise atau Kura-kura Darat adalah hewan yang termasuk ke golongan Reptil dan tinggal di tanah/darat..

Batok kura-kura darat ini terdiri dari 2 bagian, bagian atas yang menutupi punggung disebut karapas (carapace) dan bagian bawah (ventral/perut) disebut plastron. Kemudian setiap bagiannya ini terdiri dari dua lapis, lapis luar umumnya berupa sisik-sisik besar dan keras, dan tersusun seperti genting; sementara lapis bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat seperti tempurung..

Kura-kura darat hidup di berbagai tempat, mulai daerah gurun, padang rumput dan hutan..

Kura-kura darat umumnya yg bersifat pemakan tumbuhan (herbivora), hanya ada beberapa jenis yg di alam aslinya membutuhkan atau memakan protein hewani (cacing, dll)..

Kura-kura darat tidak memiliki gigi.. Akan tetapi perkerasan tulang di moncong kura-kura darat sanggup memotong apa saja yg menjadi makanannya..

Ukuran tubuh kura-kura darat bermacam-macam, ada yg kecil ada yg besar.. Biasanya ditunjukkan dengan panjang karapasnya (CL, carapace length).. Kura-kura darat terbesar adalah Aldabra Tortoise..

Kura-kura darat berkembang biak dengan bertelur (ovipar) dan kura-kura darat hanya menghasilkan beberapa butir telur saja..

Jenis kelamin anak kura-kura darat yang bakal lahir salah satunya ditentukan oleh suhu pasir tempat telur-telur itu tersimpan.. Pada kebanyakan jenis kura-kura darat, suhu di atas rata-rata kebiasaan akan menghasilkan hewan betina.. Dan sebaliknya, suhu di bawah rata-rata cenderung menghasilkan banyak hewan jantan..
Kura-kura darat termasuk salah satu jenis hewan yang berumur panjang.. Reptil ini dapat hidup puluhan tahun, bahkan seekor kura-kura darat dari Kepulauan Seychelles tercatat hidup selama 152 tahun (1766 – 1918)..

Beberapa contoh tortoise

Aldabra
Sulcata
Indian star
Emys

Categories:

0 komentar:

Post a Comment